Berjuang Untuk Berserah

Hari Kamis kemarin saya berhasil melengkapi koleksi buku karya DR Jeffrey Lang saya dengan buku Struggling To Surrender. Saya sangat menikmati karya-karya DR Lang ini karena begitu detailnya pembahasan-pembahasan tentang pertanyaan  masalah Islam yang sering muncul di benak (maksud saya pertanyaan teologis bukan pertanyaan teknis pelaksanaan ibadah). Buku ini merupakan cetak ulang karena setelah beberapa saat buku ini habis di pasaran.

Buku struggling to surrender adalah buku pertama yang ditulis oleh Oleh DR Lang,seperti bukunya yang lain  (Bahkan Malaikat bertanya, Aku Beriman Maka aku Bertanya, Aku Menggugat Maka Aku Kian Beriman) buku ini ditulis dengan baik dan sistematis bukan sekedar testimoni bagaimana seorang mualaf pindah ke Islam tapi lebih dari itu buku ini berani membahas isu-isu kontroversial seperti hak wanita dalam islam, Segregasi wanita dan masalah  Hadist.

Seperti bukunya karyanya yang lain, buku ini sulit dicerna kita harus bolak-balik antar halaman untuk memahami maksud penulis, karena bukan berisi dogma ” How to ” tapi merupakan penelitian kritis karena benturan yang penulis rasakan antara islam konseptual dengan Islam Aktual.

Saya sebagai orang yang terlahir Islam tercengang dengan begitu intensnya seorang mualaf belajar agama Islam, menggali berbagai sumber untuk mendapatkan ilmu tentang keIslaman yang berbeda dengan kita yang menyandarkan nasib kita kepada ustad atau kyai atau syekh. DR Lang memperingatkan jika kita kita menyandarkan keberagamaan kita pada ulama-ulama terdahulu dan menganggap putusan-putusan mereka adalah final adalah sama saja dengan umat ” yang menjadikan rabi-rabi dan pendeta-pendeta mereka sebagai Tuhan”

Bagi mualaf yang baru saja berpindah agama dan bagi orang yang berpikiran terbuka terhadap pendapat orang lain tanpa meng-ahli bid’ahkan, meng Khawarijkan me-murjiah, men-syiahkankan, meng_JIL kan  orang lain  buku seri DR lang layak di baca. Juga bagi orang  tua yang anaknya disekolahkan di lembaga yang mengajarkan cara berpkikir kritis dan sistematis yang mungkin suatu hari akan mendapat pertanyaan-pertanyaan kritis tentang agama dari mereka buku ini patut dibaca.

Buku ini juga layak dibaca karena saya pikir apa yang terjadi dengan generasi kedua Islam imigran di Amerika sebagaimana ditulis oleh DR Lang akan terjadi juga di Indonesia di mana informasi tentang Islam  tanpa bisa kita cegah tidak berasal dari satu sumber saja seperti kita dulu  tapi dari berbagai sumber dan serangan  budaya pop ala barat yang makin mendominasi. 

Kita harus bisa mendidik anak kita untuk bertahan di dalam islam mengajari mereka untuk berjuang  dengan usahanya sendiri untuk mengetahui bagaimana agungnya agama ini dan akhirnya berserah kepada-Nya.

2 Komentar

Filed under Agama

2 responses to “Berjuang Untuk Berserah

  1. dewi

    saya langsung jatuh cinta begitu membaca buku nya yg berjudul “saya beriman maka saya bertanya”,sebenarnya buku itu sudah 2thn saya lihat dirak buku (salah satu koleksi buku suami)tp saya ga tertarik krn saya lebih tertarik pada novel sastra,biografi dan history. klopun buku agama beberapa penulis saya suka gunawan muhamad,mohamad sobari dan quraishihab.
    saya ingin mengoleksi semua karya Dr.lang,mohon informasikan yg anda ketahui dan yg paling menarik menurut anda.
    terimakasih,
    salam
    dewi

  2. terima kasih sudah mampir, seperti di tulisan di atas buku Dr Lang yang sudah di terjemahkan ke dalam B indonesia ada empat, ada Buku struggling to surrender adalah buku pertama yang ditulis oleh Oleh DR Lang,seperti bukunya yang lain (Bahkan Malaikat bertanya, Aku Beriman Maka aku Bertanya, Aku Menggugat Maka Aku Kian Beriman) semua diterbitkan serambi, semua bagus .. (menurut saya)…

Tinggalkan Balasan

