Makin Miskin Makin Soleh

Sebuah lembaga survey ternama dari Amerika Serikat Gallup merilis sebuah hasil survey ke 143 negara yang menunjukkan bahwa negara dengan penghasilan rata-rata penduduknya $2000 pertahun atau lebih sedikit,  92% penduduknya mengatakan bahwa agama adalah bagian penting dari kehidupan mereka, kebalikan dari hasil itu survey di negara kaya dengan penduduk berpenghasilan rata-rata  di atas $25,000  pertahun angka tersebut turun ke 44%.

Mengapa kesadaran beragama sebuah masyarakat berhubungan dengan tingkat kesejahteraannya ? sosiologis di abad ke 19 mengatakan semakin modern masyarakat (ditandai dengan tingkat pendidikan dan standar kehidupan yang meningkat ) maka masyarakat tersebut akan akan semakin menjauh dari agama.

Di hasil survei itu juga dikatakan meskipun miskin, masyarakat di negara yang lebih “beragama” lebih menikmati hari-harinya dan sedikit merasa sedih, khawatir , depresi dan marah dibanding dengan teman-teman mereka di negara yang lebih sejahtera namun kurang beragama.

Berarti keadaan Indonesia sekarang sangat tepat  untuk masyarakat yang beragama saja, biar susah tapi happy….

Survei dilaksanakan di negara -negara berikut:  Afghanistan, Bangladesh, Benin, Burkina Faso, Burundi, the Central African Republic, Chad, the Democratic Republic of the Congo, Ethiopia, Ghana, Guinea, Haiti, Kenya, Kosovo, Liberia, Madagascar, Malawi, Mali, Mauritania, Mozambique, Burma (Myanmar), Nepal, Niger, Rwanda, Senegal, Sierra Leone, Tajikistan, Tanzania, Togo, Uganda, Zambia, and Zimbabwe.Australia, Austria, Belgium, Canada, Cyprus, the Czech Republic, Denmark, Finland, France, Germany, Greece, Hong Kong, Ireland, Israel, Italy, Japan, Kuwait, the Netherlands, New Zealand, Norway, Singapore, Slovenia, South Korea, Spain, Sweden, Switzerland, Taiwan, Trinidad and Tobago, the United Arab Emirates, the United Kingdom, and the United States.

Sumber : http://www.gallup.com/poll/116449/Religion-Provides-Emotional-Boost-World-Poor

3 Komentar

Filed under Agama, ragam

3 responses to “Makin Miskin Makin Soleh

  1. mengapa sih selalu saja barat sebagai patokan???
    padahal itu sebuah agama… kenapa kita tidak bersumber dari mekkah atau madinah? atau indonesia sendiri sebagai penduduk muslim terbesar?

  2. haa..? kan yang bikin survei mereka

  3. Kayaknya manusia pada dasarnya adalah mahluk yang kurang bersyukur….coba kalo sudah diambil kenikmatannya + cobaan hidup. Mungkin bisa sebaliknya jadi tambah beriman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s