Menghargai Hidup

Di film Bee Movie di salah satu adegan diceritakan bahwa seorang akan membunuh lebah yang masuk rumah , tetapi kemudian dicegah oleh teman wanitanya sambil berkata “What make you thing your life is better than his?”  saya sangat terkesan sekali dengan pertanyaan ini karena faktanya ada kalanya kita membunuh hewan atau mencabut tanaman tanpa perlu. Kita tidak menghargai kehidupan.

Kenapa kita tidak menghargai kehidupan ? karena kita belum mengalami kehilangan atau kita tidak pernah atau belum  mempunyai  pengalaman mengerikan semisal selamat dari sebuah kecelakaan atau sakit yang parah. Sering kali kita lihat orang begitu sembrono mengabaikan keselamatan dirinya dan keluarganya seperti yang banyak kita lihat pada perilaku pengendara mobil atau sepeda motor.

Mengapa kita harus menunggu sampai hidup kita atau orang dekat kita terancam sebelum kita mensyukuri betapa berharganya hidup ini, ini bukan berarti kita harus mengabaikan segi negatif atau kesedihan dalam hidup kita, karena itu juga adalah  fakta yang terjadi. Tapi dalam setiap harinya kita bisa menemukan hal-hal yang dapat kita rasakan untuk menghargai kehidupan ini.

Kita bisa merenenungkan hal-hal buruk yang pernah terjadi pada kita dan bersyukur hal tersebut sudah berlalu  atau kita bisa bersyukur pada hal-hal yang baik yang setiap hari kita alami. Hal hal yang meskipun kecil tapi bisa mengingatkan kita akan berharganya hidup ini.

Hal-hal kecil yang bisa kita lakukan semisal

  • sebelum kita tidur , kita bisa menghitung 5 hal yang terjadi pada kita hari ini untuk kita syukuri atau jika tidak ada, ingat bahwa hari ini kita masih bisa bernafas, menikmati makanan, ada atap yang meneduhi di atas kita, mata untuk  melihat dan adanya  teman atau keluarga yang peduli.
  • Berterimakasihlah pada orang lain, kepada  sopir yang mengantar kita dengan selamat, kasir supermarket yang menata belanjaan dengan baik, guru yang mengajar anak kita dan banyak lagi.
  • Senyumlah, ceriakan hati anda.
  • Mandi dengan sabun wangi kesukaan anda pakailah parfum  kesukaan anda walaupun tidak ada acara, mandi selama anda mau dan  rasakan sensasi air mengguyur tubuh anda.
  • Telpon ibu atau bapak atau saudara atau teman anda bicarakan hal-hal sepele dan tidak penting.
  • Nikmati alam, lihat betapa indahnya matahari terbit, betapa wanginya melati, nikmati suara hujan jatuh  di atas genting,  jalan di taman yang hijau lepaskan sepatu/sandal rasakan tekstur tanah atau rumput di telapak kaki.
  • Makan dan minum secara perlahan, rasakan setiap kunyahnya
  • Lakukan hobby anda olahraga, kesenian, memancing, membaca dan lain-lain.

1 Komentar

Filed under keluarga, ragam

One response to “Menghargai Hidup

  1. Bener juga… hal2 yang kecil kadang gak terpikirkan oleh kita….šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s