Bandung-Probolinggo

Saya mau berbagi dengan teman-teman barangkali ada yang ingin melakukan perjalanan dari Bandung ke Probolinggo atau sebaliknya.

Bandung Probolinggo bisa dijalani dengan beberapa moda transportasi

1. Pesawat Terbang

Bandung (Husen Sastranegara) ke Surabaya (Djuanda)  dengan Merpati (jam 6.00 dari bandung tidak setiap hari, cek jadwal ) atau Sriwijaya air ( jam 9.45 dari bandung, saya juga tidak tahu apakah ini setiap hari).
Bisa Juga berangkat dari Jakarta, penerbangan Jakarta -Surabaya banyak sekali hampir tiap jam ada dan berbagai maskapai, dari Bandung ke Bandara ada Primajasa dari BSM atau naik mobil travel.

Dari Djuanda bisa naik taksi atau Bis Damri Bandara ke terminal Bungurasih lalu melanjutkan perjalanan dengan bis ke Probolinggo, bis ada yang Patas di jalur ketiga atau bis ekonomi di jalur belakang, ingat bayar karcis setelah bis jalan jangan tertipu sama calo nakal yang menjual karcis di bawah.

2. Kereta api
Turangga (executive)  Berangkat jam 7 malam dari  stasiun Bandung sampai di Surabaya Gubeng  jam 8.20 Pagi,lalu bisa melanjutkan dengan Mutiara Timur (bisnis) , berangkat jam

  • 9.15 dari Surabaya Gubeng sampai di Stasiun kereta api Probolinggo jam
    11:30.
  • Argo Wilis (executive) berangkat dari Bandung jam  7 pagi sampai di Surabaya  Gubeng jam 8.20 malam

Kalo saya prefer Turangga karena bisa istirahat di kereta (tidur) dan sampainya di Surabaya pagi kita masih banyak pilihan moda transportasi.

  • Mutiara Selatan (bisnis) dari Bandung berangkat jam 5 sore sampai di Surabaya Gubeng jam 6.30 pgi
  • Pasundan (ekonomi) berangkat dari Stasiun kiaraconding jam 6.15 sampai di Surabaya jam 11 malam, ingat Kiaracondong bukan Stasiun Bandung.

Secara umum jika tidak ada jadwal kereta ke Timur (mutiara timur, Cantika)  dari stasiun Gubeng kita bisa pakai taksi ke Bungurasih,  biasanya buat pendatang biasanya sopir menawarkan tarif borongan tanpa argo tapi sebaiknya kita keluar ke stasiun gubeng yang lama ke arah barat (kalau turun dari kereta ke arah kiri) dan menyetop taksi biasa yang sedang lewat bukan taksi yang mangkal di stasiun, atau kita bisa naik bis kota (agak jarang) yang tujuannya Bungurasih, lewat di depan stasiun , jauh lebih murah. Dari Bungurasih ke Probolinggo liat di bagian pertama.

3. Bis Umum

  • Bis malam 

Kramatdjati,Pahala Kencana, atau Colby Persada  jurusan Denpasar, biasanya berangkat sekitar jam 3 sore  dari terminal Cicaheum sampai di probolinggo kira-kira jam 9 pagi.Dapat jatah makan sekali di daerah Brebes atau Cirebon.  Bis ini tarifnya jika hari libur atau lebaran akan mengenakan tarif tertinggi (denpasar) jika hari biasa tarif normal, bis tidak berhenti shalat subuh.

  • Bis Ekonomi

Tidak ada Bis ekonomi berangkat langsung dari Bandung-Surabaya atau bandung-probolinggo , yang ada kita bisa berangkat dari Cicaheum ke Cirebon kemudian naik bis ekonomi akas asri yang Jurusan Cirebon-Probolinggo  berangkat dari terminal Cirebon jam 11.40; 13.40; 15.00 dan jam 16.00 , saya belum pernah pakai bis ini tapi ada teman yang sering naik dari Probolinggo ke Tegal pakai bis ini, lumayan katanya Ekonomi tapi ber-AC)

4. Naik kendaraan sendiri (mobil)
Lewat Jalur selatan perjalanan yang lumayan jauh jadi persiapan harus matang,   sebaiknya melakukan perjalanan siang saja.Jalan yang perlu di perhatikan, Nagreg, daerah banjar-cilacap karena jalan berliku , Solo jalannya bikin bingung dan tersesat, daerah Ngawi- Madiun, Caruban banyak lintasan kereta api dan bis sumber Kencono bis “killer” ini supirnya tidak punya respek sama sekali terhadap  kendaraan lain , dan ugal-ugalan.

Nah sudah sekian jika ada pertanyaan langsung saja di isi di komentar

 

17 Komentar

Filed under ragam

17 responses to “Bandung-Probolinggo

  1. Itmam Aulia

    thank’s infonya… tapi udah lama nih ga’ mudik…😉

  2. desabhinor

    tambahan dikit om
    untuk bis ekonomi Probolinggo-Cirebon
    bus AC harapan kita dari AKAS Group
    dilengkapi ac ga perlu khawatir kelamaan ngetem seperti bis2 jurusan jember
    bukannya promosi
    tapi ini favorit saya kalo pergi ke Bandung

    Berangkat dari terminal Bayuangga biasanya jam 1, 2, dan 3
    setahu saya memang 3 bus
    sampai di Cirebon biasanya subuh
    tarif sekitar 90 ribuan sudah agak lama si tapi sekitar itu lah
    dari cirebon ke Bandung tinggal naek bus patas (biasanya Bhinneka) yang tarifnya 30 ribu
    kalo bukan patas dijamin ngetem

    murah meriah untuk budget pas2an
    dibanding harga bus malam
    Kramat Djati tgl 24 juni 2009 tarifnya 22o rbu
    tgl 25nya sudah 240 rbu

    sekedar masukan sedikit dari saya
    salam dari ujung timur Probolinggo🙂

  3. Bhinor ? tetangga dong.. terimakasih mampirnya dan infonya

  4. Alexus

    thanks Infonya….
    Tapi kalo boleh tau,,,,jarak Probolinggo – Bandung tu kira2 berapa Kilo ya?!?
    Coz pengen jajal bawa kendaraan sendiri ni rencananya…….
    Makaci….

  5. rin_totti

    wah thanks infonya ya,btw klo ke Bromonya ada info..?
    Thanks

  6. ke bromo bisa dari terminal bayuangga naik angkutan isuzu bison, tarifnya 15-25 ribu.. tergantung penuh atau tidaknya satu pemberangkatan.. adanya siang saja..

  7. alo mba,
    salam kenal
    saya rencana mau berangkat ke bromo dr stasiun bandung dan saya akan ikut petuah mba di atas

    1. Naik Mutiara Selatan sampai Sampai Stasiun KA Surabaya Gubeng
    2. Naik Mutiara Timur sampai Stasiun KA Probolinggo

    Tp saya ada pertanyaan lanjutan, dr Stasiun KA Probolinggo untuk ke Bromo pakai transportasi apa ?

    Trims

  8. Dari stasiun probolinggo naik angkot ke terminal bayuangga(2500)..
    dari termial bayuangga naik bison/elf ke bromo (15-25 rb)..

  9. wawan

    tambahan buat yg mau naek kereta. bisa naek kerete KA. Malabar. brngkatb dr malang, stsiun kota baru.

  10. bob z

    mas makasi bngt lo infonya… thx y…

  11. riyad

    thank so much for your info..it’s nice info…!

  12. HARKIT emang T..O..P. banget…smenjak aku langganan naik bis ini ga pernah kecewa….selalu tepat waktu….H-3 aku pasti pilih HARKIT lagi….mantap..

  13. oby mareto

    kalo kreta api probolinggo bandung ada ga mba?
    kalo ada jam brapa ?
    tarif nya brapa?

  14. ih, ya itu dari bandung sampai gubeng sambung ke probolinggo dari bandung bisa mutiara selatan, turangga,pasundan, argo wilis dari surabaya ke probolinggo pakai mutiara timur atau sri tanjung

  15. Kalo dari sukabumi mau ke probolinggo gimana? Tapi pengen yang murah aja.. Yang serba ekonomi, duitnya pas-pasan soalnya. Ni juga pertama berjuang demi cinta, hehe..

  16. ke jakarta atau ke bogor dulu, pakai lorena atau safari dharma raya yang tujuan denpasar.

  17. Ternyata lebih enak naek malabar,,,,tiket cuma 115-135 berangkat dari Bandung jam 15.30 pek Malang Kota Baru jam 07.10….
    tyus naek angkot ke Terminal Arjosari (Malang) 3ribu
    di lanjut dengan Bus (Akas, Restu, Harapan Kita) cuma 14ribu pek Terminal Bayuangga (Probolinggo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s