Fatwa-Fatwa Ganjil

Mengikuti trend  menulis tentang Fatwa haram Golput yang diusulkan Ketua MPR saya mencatat beberapa fatwa yang terasa ganjil,  even buat saya seorang muslim (soal benar atau salah -beyond my capabilities)

1. Fatwa Golput Haram
 “Kami serukan agar warga tidak golput dan masyarakat menggunakan hak pilihnya,” kata KH Mahfudz Hadi, koordintor MUI wilayah Madura kepada TEMPO, Senin (14/7,tempo Interaktif)  Keputusan bahwa golput haram, kata Mahfudz, dibahas dalam rapat koordinasi di kantor MUI Sumenep Minggu lalu. Dalam rapat ini, pengurus MUI se pulau Madura mengeluarkan fatwa bahwa golput hukumnya haram, baik dalam pemilihan gubernur, legislatif maupun pemilihan presiden. Alasannya, dalam Islam memilih pemimpin itu wajib. “Jadi kalau memilih pemimpin wajib, kalau golput (tidak memilih) hukumnya haram,” tegasnya.

2. Fatwa Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Haram 
Pengurus NU cabang Jepara, Jawa Tengah, mengeluarkan fatwa haram atas rencana pembangunan PLTN Muria. Anggota komisi agama DPR RI DH Al Yusni menganggap fatwa tersebut adalah hal yang wajar.Menurutnya, fatwa tersebut muncul atas dasar maslahat (manfaat) dan mafsadat (kerusakan) yang dapat ditimbulkan dari pembangunan tersebut.”Tak ada yang aneh dari fatwa itu. Wajar dan biasa-biasa saja. Dalam persfektif fiqih dikenal aspek maslahat dan mafsadat. Artinya menghindarkan kerusakan harus diprioritaskan daripada mengambil untung,” kata Al Yusni dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom, Selasa (4/9/2007).

3. Fatwa Menyusui rekanan Kerja
Di bulan Mei 2007 Dr. Izat Atiyya seorang dosen di Universitas al-azhar mesir , mengeluarkan  fatwa bahwa seorang laki-laki dapat menyusu kepada rekan wanitanya agar menjadi muhrim dan  boleh berduaan dengan rekannya tersebut dalam satu ruangan. Fatwa itu memicu kemarahan karena ditampilkan di Tv sehingga Dr Izzat diancam akan dikeluarkan  dari al Azhar dan akhirnya dia menarik kembali fatwanya (emang fatwa bisa ditarik lagi?). Fatwa Tentang sepakbola
Koran Guardian inggris pernah memuat fatwa tentang sepakbola yang diterjemahkan dari Koran Saudi Al-watan, yang dimuat sebagai contoh fatwa ganjil sebagai  bagian dari upaya  pemerintah arab saudi untuk  menghapus fatwa-fatwa ganjil,  salah satu dari fatwa itu adalah :
Tidak menyerupai orang kafir , pemain sepakbola tidak boleh memakai celana pendek dan tshirt karena celana pendek dan Tshirt adalah pakaian orang  kafir 
permainan tidak  berhenti  karena  handsball atau pemain dicurangi oleh musuhnya,pemain yang melakukan  tackling illegal  tidak diberikan kartu kuning atau merah  kepada yang melanggar   tetapi  pemain dihukum balas sesuai dengan perbuataannya.
untuk lebih lengkapnya  tentang fatwa sepakbola klik di sini

5. Fatwa Presiden Pakistan naksir  Sarah Palin
Dalam sebuah kunjungan ke Amerika presiden pakistan berbasa-basi (atau sungguhan?) menyebut Sarah palin sebagai cantik di depan media , reaksinya  Pemimpin mesjid Di pakistan menyebut sikap itu sebagai tidak mencerminkan pemimpin negara islam, karena menyebut orang memakai rok mini dengan sebutan cantik.

6. Fatwa Bunuh diri Haram (ya iyalah masa ya iya dong)
Karena tingkat bunuh diri yang sangat tinggi di Kashmir , pemimpin islam di kashmir india  mengeluarkan fatwa larangan bunuh diri.

7. Fatwa Larangan bersikap Tomboy
NFC (National Fatwa Council malaysia ) mengeluarkan larangan bersifat tomboy kepada wanita malaysia untuk mencegah perbuatan lesbian, larangan ini termasuk memakai celana panjang, memakai kemeja, memotong pendek rambut, dari http://www.themalaysianinsider.com

Tinggalkan komentar

Filed under Agama, ragam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s