Peringatan Miranda

Jika kita menonton film action Hollywood yang memperlihatkan scene polisi menangkap penjahat pasti  polisinya  memberikan peringatan seperti ini dulu begini

Stop  You are  under arrest  ..” You have the right to remain silent. Anything you say can and will
be used against you in a court of law. You have the right to have an
attorney present during questioning. If you cannot afford an attorney,
one will be appointed for you. Do you understand these rights”

Ini namanya Miranda warning di berikan kepada tersangka yang akan menghadapi pertanyaan yang mengarah kepada pengakuan bersalah, sehingga pernyataan yang diberikan kepada polisi tidak bisa dipakai sebagai bukti di pengadilan jika haknya tidak diberi tahu dahulu.  Pernyataan ini di wajibkan oleh Mahkamah Agung AS unutk dibacakan dalam rangka melindungi hak tersangka.

Latar belakang : terjadi di tahun 1966 dimana seorang yang bernama Ernesto Arturo Miranda ditangkap karena tuduhan menculik dan memperkosa seorang wanita , dia kemudian mengakui juga telah merampok dan percobaan pemerkosaan pada saat interogasi. Di saat sidang korban  mengidentifikasi Miranda sebagai pelakunya. Dia kemudian dihukum 20 dan 30 tahun setiap tuduhannya dengan masa hukuman bersamaan.Pembela miranda kemudian mengajukan banding karena saat di interogasi miranda tidak mengajukan untuk didampingi oleh pengacara  karena ketidaktahuanya, banding tersebut dimenangkan oleh MA-nya AS. Akibatnya Miranda di sidang ulang dan pengakuan miranda saat interogasi tidak dipakai lagi saat pengadilan melainkan memakai alat bukti yang lain. Dia terbukti bersalah lagi dan dihukum 11 tahun. Setelah bebas dia pulang kampung dan hidup layak dari menandatangani Kartu Miranda yang musti dibawa oleh polisi untuk dibacakan kepada tersangka yang akan di tangkap. Miranda akhinya mati ditikam oleh seseorang akibat pertengkaran di bar dan pembunuhnya ketika akan ditangkap dibacakan haknya dulu, ironisnya kasusnya tidak terpecahkan.

Saya tidak mengerti hukum cuma tertarik saja sama ucapan Polisi Holyywood di film-film  lalu pengen tahu artinya ,kalo di Indonesia bagaimana?? saya tidak tahu  googling-demi googling cuma nemu  ini di pasal 16 – 19 KUHAP

Pasal 16

(1) Untuk kepentingan penyelidikan, penyelidik atas perintah penyidik berwenang melakukan penangkapan.

(2) Untuk kepentingan penyidikan, penyidik dan penyidik pembantu berwenang melakukan penangkapan.

Pasal 17

Perintah penangkapan dilakukan terhadap seorang yang diduga keras melakukan tindak pidana berdasarkan bukti permulaan yang cukup.
Pasal 18

(1) Pelaksanaan tugas penangkapan dilakukan oleh petugas kepolisian negara Republik Indonesia dengan memperlihatkan surat tugas serta memberikan kepada tersangka surat perintah penangkapan yang mencantumkan identitas tersangka dan menyebutkan alasan penangkapan serta uraian singkat perkara kejahatan yang dipersangkakan serta tempat ia diperiksa.

(2) Dalam hal tertangkap tangan penangkapan dulakukan tanpa surat perintah, dengan ketentuan bahwa penangkap harus segera menyerahkan tertangkap beserta barang bukti yang ada kepada penyidik atau penyidik pembantu yang terdekat.

(3) Tembusan surat perintah penangkapan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) harus diberikan kepada keluarganya segera setelah penangkapan dilakukan.

Pasal 19

(1) Penangkapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17, dapat dilakukan untuk paling lama satu hari.

(2) Terhadap tersangka pelaku pelanggaran tidak diadakan penangkapan kecuali dalam hal ia telah dipanggil secara sah dua kali berturut-turut tidak memenuhi panggilan itu tanpa alasan yang sah.

sumber wikipedia

Tinggalkan komentar

Filed under ragam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s