Quran Tajwid

Sebenarnya saya sudah sering lihat iklan quran Tajwid ini di majalah, tetapi cuma di lihat selintas, tidak begitu memperhatikan sampai suatu saat saya melihat saudara yang membaca quran ini, saya melihat lebih dekat dan teliti , ternyata ada hal baru yang menarik tentang Quran ini.

Kenapa di sebut quran tajwid ? saya tidak tahu persis karena mushaf quran yang biasa kita pun ada tanda tajwidnya (tanda baca), cuma mungkin dalam Quran “tajwid” yang baru ini tanda tajwid (tanda baca) nya di beri color coded selain hitam (ada hijau, merah dan biru ) , tentang bagaimana menggunakan nya ada legend kecil tergantung di tali penanda halaman berisi cara pembacaannya.

Contoh seperti ayat di bawah ini

  • Tanda biru menandakan tidak usah di baca,
  • Tanda mim tasdid merah berarti tahan tidak tergesa
  • Tanda nun mati berwarna hijau berarti tahan dan samar (dengung?)
  • Tanda bendera merah di atas huruf berarti di baca panjang 4-5 harkat

Tanda–tanda lain seperti tanda berhenti dan lainnya dibuat color coded sehingga memudahkan pembaca pemula seperti saya untuk belajar.Terjemahan bahasa Indonesia-nya sesuai dengan terjemahan departemen agama dan catatan kaki yang langsung di halaman bersangkutan bagian bawah (ingat kan ada Quran yang catatan kaki nya ada di ujung setelah doa tamat baca quran , sehingga kalau kita mau baca harus bolak balik depan belakang halaman). Kertasnya HVS tapi kuning, mungkin 60 gram karena ringan dan warnanya cukup menarik dan berkesan jernih .

Jika kita membeli quran ini terdapat instruksional dalam bentuk keping VCD yang berisi Cara belajar membaca Al–Quran metode QRQ (Quantum Reading Quran). Metode ini berisi 3 hal pokok untuk bisa dikatakan membaca quran dengan tartil yaitu

  1. Konsisten dalam pembacaan Mad dan Ghunnah
  2. Mampu melafalkan huruf hijaiyyah dengan baik sesuai dengan tempat keluarnya huruf
  3. Mampu melafalkan ayat-ayat ghoribah (mungkin ayat yang harus dibaca khusus) dengan baik Untuk detailnya dilihat saja di VCDnya

Kekurangannya

  • Hurufnya kecil-kecil (mungkin jika beli yang lukuran besar masalah ini akan teratasi,tapi timbul masalah baru dengan harga )
  • Harga relatif mahal 95 ribu untuk yang kecil.
  • Potongan kertas kurang rapi ( mungkin ini kasus saya saja)

4 Komentar

Filed under Agama

4 responses to “Quran Tajwid

  1. d14ndr4

    Assalamualaikum ,
    penjelasan dari anda sangat bermanfaat bagi kita yang belum dapat membaca AL QURAN dengan benar,tapi alangkah baiknya jika disertai makhrojnya atau keluarnya huruf dari mulut,terima kasih.

    kunjungi aku ya, d14ndr4.wordpress.com

  2. kan ada di VCD nya.. cara pelafalannya,
    kesannya jadi sales deh saya ..
    ok nanti main ke sana

  3. randy

    Al Quran Syamil khan.
    Ada beberapa hal yang perlu dikomentari, antaralain terkadang catatan kaki tidak pada pas halaman yang dimaksud melainkan mundur atau maju satu atau dua halaman.
    Kertasnya bukan HVS melainkan Quran Printing Paper yaitu jenis kertas yang umum digunakan untuk Al Quran seperti pada Al Quran Timur Tengah.
    Alhamdulillah waktu beli harganya masih 85 ribu untuk ukuran sedang. (ukuran yang kecil ada lagi tuh seukuran buku saku)
    Overall Al Quran ini adalah Al Quran Tajwid terbaik menurut saya,
    Setidaknya masih lebih baik dari para saingannya
    ((Quran tajwid Lestari books (kemahalan,bukan Quran pojok, sistem “stabilo” berkesan ribet),Quran Al Maghfirah (kemahalan,warna layoutnya agak norak))

  4. terimakasih koreksinya, wah berati saya kebetulan dong pas beli pas yang paling baik dari yang ada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s