Produk Syeh Puji Di Rumahku

Ketika sedang heboh-hebohnya  berita  tentang Syeh Puji, disebutkan bahwa syeh puji memiliki banyak usaha diantaranya kaligrafi kuningan, saya ingat mungkin hiasan di dinding rumah saya produk syeh puji karena dulu salesnya bilang dari Semarang, PT Sinar Lendoh Terang. Hiasan ini masih terpampang dengan indahnya di dinding rumahku, memang bagus kok…

Kaligrafi dari PT sinar lendoh ini bisa di pesan ayatnya sesuai dengan mau kita, dulu saya memesan ayat QS An-Nur (24): 35 yang artinya sebagai berikut

“Allah cahaya langit dan bumi . Perumpamaan cahaya Nya adalah seperti sebuah celah yang tak tembus yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di di dalam kaca , kaca itu bagaikan bintang seperti mutiara . Dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkati, yaitu pohon zaitun (yang tumbuh) tidak disebelah timur dan tidak pula di sebelah barat. Hampir-hampir saja minyaknya menerangi walau ia tidak disentuh api . Cahaya di atas cahaya, Allah membimbing kepada Cahaya-Nya siapa saja yang Dia kehendaki dan Allah membuat perumpamaan -perumpamaan bagi manusia dan Allah mengetahui segala sesuatu”.

Dalam sekali maknanya- very inspiring .. makanya saya memilih ayat itu untuk ditempelkan di dinding sebagai pengingat .
Menurut orang saleh ada 3 analogi  di ayat ini
1. Al Misykat (sebuah celah yang tak tembus)
2. Mishbah ( pelita besar)
3.Az-zujajah (kaca)

Ketiga hal itu di analogikan dengan 3 hal di dalam manusia yaitu jasad yang dipersamakan dengan al-misykat, kalbu yang dianalogikan dengan a-zujajah dan cahaya yang di persamakan dengan as-siraj (Lampu/pelita). Jasad seorang Mukmin menampung kalbunya dan dalam kalbu itu ada cahaya yang menerangi sang mukmin sehingga akan tersingkap baginya  aneka kegelapan berkat cahaya itu. Selanjutnya masih menurut orang saleh itu, az-zujajah yang demikian cemerlang dan menampung al-mishbah itu memperoleh bahan bakarnya dari Zaitun, yang  tumbuh tidak di timur dan di barat. Zaitun adalah tuntunan Allah yang termaktub dalam Al-Quran dan di bumikan oleh Nabi Muhammad SAW dengan suri tauladannya.

Jika demikian , kalbu harus diterangi oleh bimbingan wahyu (tuntunan agama). Semua pejalan menuju Allah , akan tersesat tanpa bimbingan itu . “Barang siapa yang tiada diberi oleh Allah cahaya, maka tidaklah baginya sedikit cahaya pun”  (QS An-Nur (24) :40).

Allah berjanji akan menganugerahkan cahaya itu bagi siapa Yang Dia kehendaki. Namun perlu dicatat bahwa kehendak-Nya itu dikaitkan-Nya dengan iradah (kehendak) manusia, QS Fushshilat(41);17 “dan adapun Tsamud, maka mereka telah kami beri petunjuk tetapi mereka lebih menyukai kebutaan dari pada petunjuk itu, maka mereka disambar petir azab yang menghinakan disebabkan apa yang telah mereka kerjakan” kaum tsamud enggan menerima petunjuk , maka Allah pun tidak memberi mereka.

Bagi yang memperoleh cahaya itu ada jalan yang harus ditempuh untuk meraihnya, jalan itu dengan sungguh-sungguh menempuh jalan yang yang diberikan kepada orang-orang yang diberi nikmat dan bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan juga jalan orang yang sesat (QS 1: 6-7) . Tanpa bimbingan-Nya sungguh  kita  akan dengan mudah tersesat.

2 Komentar

Filed under Agama

2 responses to “Produk Syeh Puji Di Rumahku

  1. ahak mang gak ada cap2an asli SiLenTer? hehe…

    hmmm… aku ndak mudeng, ini kebetulan semata ayat favoritku sama, atokah emang ayat itu favorit kebanyakan orang yaa….😕

  2. kacabidang

    hi all, please visit our artworks in categories of Islamic calligraphy. It’s just another artworks, so the price is reliable.

    http://kacabidang.wordpress.com

    Painting process and method are reverse glass painting, this method takes for the purpose of exposing glossiness, elegance and keep the color paints from degradation by oldies. In pictures have a background I creates some natural painting methods that can creates such as fractal.

    Thank you for your interest in our artworks,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s