5 orang yang Kamu Temui Di Surga

Buku ini ditulis oleh oleh Penulis senior Mitch Albom, seorang penulis Amerika  senior , menceritakan kisah seorang veteran perang Pasifik yang bekerja di taman hiburan yang bernama Eddie. Eddie berusia 83 tahun dan dari lahir dia sudah berada di ditu karena ayahnya dulu adalah kepala bagian maintenance di taman itu seperti halnya Eddie sekarang, satu-satunya pengalaman Eddie di luar taman itu adalah ketika dia berperang di pasifik (filipina) . Di hari Kematiannya eddi yang  cacat kakinya mati tertimpa sebuah wahana yang putus rantainya dalam usahanya menyelamatkan seorang anak. Setelah itu Eddie masuk surga (versi penulis ) di surga ini seseorang sebelum jadi penghuni surga permanen harus bertemu dengan 5 orang yang akan memberi pelajaran tentang persepsi mereka di dunia yang salah dan mengotori jiwa.

Orang  yang pertama Eddie temui di surga adalah  Seorang yang dia kenal pada waktu kecil di karnaval blue man , blue man ini seseorang dengan kulit berwarna biru. Dia dipajang sebagai freak show (seperti  dede manusia akar dulu  dia dipertontonkan di depan umum untuk mencari penghidupan.) Blueman ini ternyata mati karena dia terkena serangan jantung pada saat mengemudi menghindari Eddie kecil yang lari mengambil bola base ball di jalan. Eddie tidak pernah tahu bahwa dia yang menjadi penyebab kematian blue man.Pelajaran yang didapat dari blue man adalah tidaklah salah eddie menjadi penyebab kematiannya karena kematian itu menyeimbangkan kelahiran, sebuah proses yang terlihat acak tapi aslinya adalah sebuah skenario besar yang teratur.

Orang kedua yang ditemui eddie adalah pimpinan regu  sewaktu dia berperang di Filipina, kapten inilah yang menembak kakinya di saat perang karena menyangka eddie akan mengalami mental breakdown pada saat membakar pos musuh. Yang eddie tidak tahu kapten ini meninggal karena menginjak ranjau saat akan membuka gerbang untuk kendaran yang dinaiki eddie. Pelajaran kedua  dari kapten ini adalah bahwa pengorbanan adalah bagian dari hidup, semua orang membuat pengorbanan besar maupun kecil,pengorbanan diyakini tidak berarti  menghilangkan sesuatu dari dirinya tetapi hanya mengalihkan sesuatu itu ke orang lain.  Setelah eddie yakin pengorbanan sang kapten lebih besar daripada salahnya ketika dia menembak dia memaafkan sang kapten dan perjalanannya di surga berlanjut.

Orang ketiga yang Ediie temui disurga adalah wanita istri pemilik taman pertama, diceritakan bahwa Eddie sangat membenci ayahnya yang membuat dia merasa tidak berhasil dan hidup hanya sebagai maintenance taman hiburan, Wanita ini menceritakan bahwa di saat akhir menjelang kematian ayahnya dia melihat ayah eddie yang menderita pneumonia berusaha memanjat jendela rumah sakit untuk  pulang dan meminat maaf pada keluarganya. Di ceritakannya juga mengapa ayahnya eddie mendapat pneumonia karena menyelamatkan ibu eddie dari seorang temannya yang sedang mabuk. Setelah Mendengar cerita ini Edde pun bisa memaafkan ayahnya dan melanjutkan perjalannya di surga.
Kutipan indah di bab ini adalah anak itu seperti halnya gelas terbuat dari kaca murni semua orang  tua meninggalkan bekas di gelas itu , dari yang mulai berupa sidik jari, bekas tangan , pecah kecil sampai pecah total yang tidak bisa diperbaiki lagi. Eddie adalah gelas yang sudah pecah itu.
Pelajaran yang diberi orang ketiga ini adalah, Bahwa kebencian kita pada seseorang akan memakan kita dari dalam seperti racun , menyimpan kebencian membuat jiwa kita semakin lemah, Kebencian bukahlah senjata untuk menghadapi orang yang kita benci melainkan senjata yang akan melukai kita sendiri. Orang lahir tanpa kebencian dan saat jiwa meninggalkan raga kebencian pun tidak di bawa serta jadi kita harus bisa memaafkan.
Setelah mendengar pelajaran itu Eddie pun bisa memaafkan ayahnya, dan perjalanannya berlanjut

Orang keempat adalah istri edie sendiri yang sangat dicintai margerita, dia meninggal di usia 47 karena kanker dan eddie merasa sangat kehilangan dan marah karena Marguerita meninggal terlalu cepat. Perkawinan Eddie dan marguerita tidak dikaruniai anak, Pelajaran yang di berikan oleh Marguerita adalah Kehilangan cinta adalah masih cinta juga hanya berubah bentuk saja, dengan rasa kehilangan itu ada kenangan yang terus disimpan. Hidup harus berakhir tetapi cinta tidak. Eddie pun tidak marah lagi kepada istrinya dan perjalanannya berlanjut.

Orang kelima adalah anak kecil yang ternyata terbakar saat edie membakar gudang di Filipina, feeling Edi ternyata benar bahwa ada sesorang di dalam sebelum dia membakar gudang itu. Anak itu memberi pelajaran yang kelima  buat eddie  bahwa hidupnya (yang eddie anggap sia-sia dan tak berarti ) disamping dia membakar anak itu (tanpa sengaja) dia telah menyelamatkan ribuan anak dengan bekerja penuh dedikasi sebagai maintenance di taman hiburan itu, juga dia telah menyelamatkan nyawa seorang anak di hari dia meninggal. Itulah tanda bawha dia pernah hadir di dunia , kita semua harus meninggalkan bukti bahwa kita pernah hadir di dnuia
Setelah dia bertemu dengan orang kelima eddie pun masuk ke surga di mana istrinya tercinta sudah menunggu, namun surga bagi eddie adalah taman hiburan di mana dia menghabiskan seluruh hidupnya.

Buku ini indah sekali coba lah membacanya karena beda sekali gaya penuturannya dengan novel biasa, banyak pelajaran yang bisa kita petik dari buku ini.

Tinggalkan komentar

Filed under Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s